Selasa, 10 Juli 2012

Legenda Gumiho (Rubah Ekor 9)







Bagi teman-teman yang senang dengan drama korea "my girlfriend's Gumiho" pasti tahu tentang tokoh Rubah ekor 9 yang di perankan oleh aktris korea cantik yang bernama Shin Min Ah. Sebenarnya Gumiho hanya sebutan untuk rubah yang sudah memiliki ekor 9, Gumiho yang apabila di terjemahkan pake google translate = "아홉 꼬리 여우" adalah
Rubah Ekor Sembilan (Bahasa Indo) atau Nine Tail Fox (English) dan sebutan asli untuk Gumiho di Jepang adalah Kitsune.



Kitsune adalah
siluman rubah yang bisa berubah wujud. Kebanyakan legenda Jepang berkisah tentang kitsune yang menyamar menjadi wanita dan menggoda seorang pria untuk memakan jantungnya. Namun banyak juga legenda yang mengisahkan bahwa si kitsune akhirnya jatuh cinta pada pria itu dan menjadi istrinya, dan ketika sang suami menyadari istrinya adalah seekor kitsune, si istri yang malu melarikan diri dari rumah, hanya datang pada malam hari untuk tidur di samping sang suami.
http://s6.postimage.org/lyb67zvsh/zqoyfq96.jpg
djetspot.blogspot.com

Salah satu kitsune paling terkenal adalah si nine-tailed fox, kumiho, seekor kitsune berekor sembilan dengan kekuatan setara dewa.
Gumiho:

http://s6.postimage.org/5fnff68c1/368s1pgw.jpg 
Kadang, kitsune juga dipercaya sebagai dewa rubah, dan konon dewa rubah ini paling suka makan inari, sejenis tahu goreng lembut. Makanya ada makanan di Jepang yang dinamai kitsune udon, yaitu mi dengan topping tahu goreng di atasnya.
Selain itu, kitsune kadang juga dipercaya sebagai salah satu pelayan atau tunggangan Inari, dewa dalam kepercayaan shinto. Patung kitsune dapat dengan mudah ditemukan di pintu masuk kuil-kuil shinto.
http://s6.postimage.org/9h4iku0mp/7m9b4e32.jpg

http://s6.postimage.org/fnak5bjxt/fs1hcqxk.jpg
 Di Jepang, ada suatu kondisi dinamakan kitsuketsuki atau berarti kira-kira "kesurupan roh kitsune". Di sana emang si kitsune ini sering dituduh sebagai biang kerok kesurupan, biasanya merasuki orang yang menganggu kuil kitsune atau yang suka melakukan kokkuri-san (semacam jalangkung ala Jepang).

0 komentar:

Poskan Komentar

Just Happy